Workshop Open Broadcaster Software (OBS)

Diterjemahkan dari bahasa InggrisOpen Broadcaster Software adalah program streaming dan rekaman cross-platform gratis dan open source yang dibangun dengan Qt dan dikelola oleh Proyek OBS. Pada 2016, perangkat lunak sekarang disebut sebagai OBS Studio. Ada versi OBS Studio yang tersedia untuk distribusi Microsoft Windows, macOS, dan Linux.

sumber : Wikipedia

Pada tanggal 25 Juli 2020, di SMP Negeri 2 Cangkringan diadakan Workshop Open Broadcaster Software atau yang biasa disebut dengan OBS. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru SMP Negeri 2 Cangkringan.

OBS diharapkan bisa menjadi salah satu langkah yang memudahkan Guru dalam melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Apalagi seperti yang kita semua ketahui bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir. Dampaknya, Kegiatan Belajar Mengajar harus dilakukan secara online. Jika dengan tatap muka langsung, guru bisa lebih mudah menjelaskan materi kepada siswa. Tetapi jika dengan sistem online, mau tidak mau guru harus kreatif agar selain siswa bisa menerima materi sesuai kurikulum yang ada, siswa juga tidak merasa bosan.

Oleh karena itu, OBS dengan semua fitur-fitur menarik yang tersedia, diharapkan bisa menjadi sarana Bapak/Ibu Guru untuk membuat dan menyampaikan materi dengan cara yang menyenangkan.